24.1.19

Mari Belajar Sejarah Game Pertama, Generasi Kedua Dan Sejarah Game Online Di Dunia

Ralph Henry Baer adalah seorang penemu, pengembang permainan dan teknisi Amerika kelahiran Jerman. Keluarga Baer kabur dari Jerman sebelum Perang Dunia II dan Baer bertugas pada tentara Amerika. Setelah itu, ia meminati bidang elektronik. Ralph Henry Baer Menjadi seorang insinyur televisi yang saat itu masih jarang, Ralph menciptakan sebuah permainan di televisi yang saat itu sedang ia kerjakan sekitar tahun 1966, di perusahaan bernama Sanders.
Penemuan ini dikembangkan hingga menjadi protoip konsol game pertama yang dinamakan Brown Box, dan dipatenkan pada tahun 1968. Paten ini telah mendapatkan banyak ujian yang hingga kini masih tercatat benar sebagai video games pertama. Paten ini dilisensi oleh Magnavox Oddysey yang menjadikan dia sebagai game konsol pertama di dunia pada tahun 1972. Tidak lama Baer juga menemukan kontrol pistol untuk video games yang bisa dimainkan di televisi, juga merupakan yang pertama di dunia, digunakan di Magnavox Oddysey.

Ralph Baer tetap bekerja di Sanders hingga pensiun pada 1987. Sejak 1983, Baer bersama kawannya menciptakan beberapa peralatan permainan di bawah nama MicroPROS Technology Solutions. Baer juga merupakan anggota senior seumur hidup dari perkumpulan insinyur IEEE. Atas kontribusinya terhadap perkembangan dunia dan teknologi, Ralph Baer mendapatkan National Medal of Technology dari George Bush pada 13 Februari 2006, atas penemuannya yang memulai era industri video game.

DESKRIPSI
KETERANGAN
 Nama  Rudolf Heinrich Baer
 Lahir 8 Maret 1922
 Rodalben, Palatinate, Jerman
 Meninggal 6 Desember 2014 Usia 92Th.
 Manchester, New Hampshire, AS
 Pekerjaan  Penemu, Perancang Permainan Video, Insinyur
 Tahun Aktif  1966-2014
 Istri Dena Whinston (1952; kematiannya 2006)
 Anak 1.James
 2.Mark
 3.Nancy
 Situs Web www.ralphbaer.com

DAFTAR ISI
1. SEJARAH GAME PERTAMA
2. GAME PERTAMA SPACEWAR
3. GAME GENERASI KEDUA
4. GAME GENERASI KEDUA BREAKOUT
5. SEJARAH GAME ONLINE
6. PERKEMBANGAN GAME ONLINE



SEJARAH GAME PERTAMA

Sejarah teknologi game komputer secara langsung berhubungan dengan perkembangan komputer itu sendiri. Komputer dengan kecepatan processor tinggi, grafis yang lebih mendekati realita, dan media penyimpanan yang lebih besar sebenarnya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dalam bermain games. Sebelum dimulai, akan kita pahami dulu apa arti dari game (game komputer).

Game adalah sebuah permainan interactive yang membutuhkan komputer untuk bermain. Program komputer menerima input dari si pemain melalui pengendali dan menampilkan lingkungan buatan melalui TV atau layar monitor.
Game generasi pertama

Tahun 1952, di Universitas Cambridge, A.S Douglas menulis sebuah tesis untuk gelar sebuah PhD-nya mengenai interaksi antara komputer dan manusia. Dalam tesisnya itu ia menciptakan game komputer dari sebuah permainan tradisional bernama Tic-Tac-Toe. Game ini diprogram dengan memakai komputer EDVAC vacuum tube yang memiliki layer berupa cathode ray tube (CRT).

Kemudian di tahun 1958. William Haginbotham menciptakan video game pertamanya. Berbeda dengan Douglas, video game pertamanya yang berjudul Tennis for Two diciptakan dan dimainkan di osciloscope.

Tapi game komputer pertama yang benar-benar diciptakan menggunakan komputer betulan adalah Spacewar. Saat itu di tahun 60-an, komputer adalah barang sangat mewah. Dan biasanya komputer dipakai untuk kepentingan riset dalam dunia militer.

Tapi seseorang bernama Steve Russel memiliki ketertarikan akan hal lain. Dia dan teman-temannya sangat nge-fan dengan kisah fiksi ilmiah berjudul Skylark karangan Edward E Smith. Dari situ mereka membuat sebuah game bernama Spacewar. Kebetulan juga, Steve Russel bekerja menggunakan sebuah komputer mainframe bernama MIT PDP-1 yang biasa dipakai untuk perhitungan statistik. Dengan komputer itulah dia membuat Spacewar di tahun 1961.

||TOP||


GAME PERTAMA SPACEWAR

Spacewar! adalah salah satu permainan video komputer digital pertama. Permainan Spacewar! melibatkan dua buah pesawat luar angkasa yang disebut si jarum dan si besar tembak-menembak sementara bermanuver di luar angkasa yang dipenuhi bintang. Misil yang ditembakan selalu akan lurus dan tidak terpengaruh (karena kurangnya mikroprosesor waktu itu). Setiap pesawat memiliki jumlah misil yang terbatas dan juga bahan bakar yang terbatas.
Game Space War
Spacewar telah dibuat untuk PDP-1 komputer mini oleh Digital Equipment dengan bantuan sebuah tim pengembang yang termasuk Martin Graetz, Pete Simson dan Dan Edwards. Mereka juga mengubah persepsi masyarakat yang menganggap komputer hanya untuk kerja serius. Dengan cara bermain yang simple, Spacewar mempunyai daya tarik tersendiri pada masanya itu.

Dua pemain bisa main game dengan mengambil kontrol dari sebuah pesawat ruang angkasa mencoba untuk menghancurkan satu sama lain. Spacewar memiliki pilihan yang sangat unik yang disebut Hyperspace. Dengan memasukkan Hyperspace, pengguna bisa pindah ke lokasi acak pada layar. Tetapi resiko meledak selalu ada jika digunakan terlalu sering.

||TOP||


GAME GENERASI KEDUA

Di tahun 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney menciptakan game ber-genre arcade yang pertama. Dinamai Komputer Space, game itu didasari oleh Spacewar. Tahun 1972, Nolan dan Ted memulai Atari komputer. Kemudian dia mengembangkan game berjudul Pong yaitu game pertama yang tersedia untuk publik.

Karena game-game sebelumnya hanya ada di dalam komputer mainframe untuk kesenangan sendiri saja. Asal usul Pong dimulai saat Nolan ingin membuat game sederhana dan mudah dimengerti. Dengan memory dan micro processor kelas rendah, kemampuan proses yang terbatas dan grafis yang sederhana, akhirnya dia membuat versi elektronik dari permainan ping pong yang kemudian menjadi Pong.

Sedikit selingan, Pong kemudian berevolusi menjadi sebuah game bernama Breakout. Game itu diciptakan oleh Steve Jobs untuk Atari. Dari situ, Steve Jobs dan temannya Steve Wozniak mulai berpikir untuk menciptakan sebuah PC. Kemudian mereka meminjam semua peralatan yang dipakai dalam proyek Breakout dan membuat sebuah prototype bernama Apple I. dan itu adalah cikal bakal dari komputer Apple Macintosh yang ada sekarang.

Pada tahun 1980, Atari mengeluarkan game berjudul Asteroid dan Lunar Lander. Kedua game tersebut adalah game pertama yang didaftarkan pada kantor hak cipta untuk mendapatkan paten. Asteroid merupakan game yang penuh inovasi baru dalam grafisnya. Daripada menggunakan metode raster, game ini merupakan grafis vector line seperti yang ada pada osciloscope.

Pengenalan Atari Video komputer System (Atari 2600) dengan CPU biasa dan slot untuk kasetnya, menjadi suatu era baru dalam dunia game. Di tahun 1980 itu juga menunjukkan penjualan yang meningkat dari PC yang biasa dipakai untuk game.

Dan kini komputer bersaing dengan mesin konsol seperti PS atau Xbox. Dan komputer tidak hanya sebagai mesin untuk kepentingan bisnis semata, tapi juga untuk hiburan seperti game.

||TOP||


GAME GENERASI KEDUA BREAKOUT

Breakout adalah permainan video terdiri dalam memecahkan batu bata di bagian atas layar permainan Pemain mengontrol dayung yang memungkinkan kedua untuk mengirim bola ke dalam batu bata dan menerima mereka. Jadi, jika semua bola tidak tertangkap oleh raket permainan hilang. Semakin kita lulus tingkat, lebih banyak bola bergerak cepat dan sulit untuk menangkap.
Game Breakout
Sepupu dari pendahulunya video game “Pong” dan olahraga tenis dan tenis, ia muncul untuk pertama kalinya pada tahun 1976 sebagai sebuah game arcade disebut “Breakout”. Pemain harus mengontrol raket yang dapat bergerak secara horizontal, Tujuannya adalah tentu saja tidak untuk menjatuhkan bola di luar area bermain.
Game Breakout Atari
Selama bertahun-tahun, pelarian telah menandatangani kedatangannya di konsol lain dan komputer di seluruh dunia. Banyak permainan hari ini telah mengambil dasar-dasar pelarian dengan membawa banyak perbaikan seperti bonus dan perangkap, beberapa batu bata jatuh hancur dan menghasilkan berbagai efek. Karena keberhasilan dan sejarahnya, permainan pelarian untuk hari ini tetap sebagai salah satu dasar dunia video game.

||TOP||


SEJARAH GAME ONLINE

Sejarah teknologi game komputer secara langsung berhubungan dengan perkembangan komputer itu sendiri. Komputer dengan kecepatan processor tinggi, grafis yang lebih mendekati realita, dan media penyimpanan yang lebih besar sebenarnya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dalam bermain games.

Sebelum dimulai, akan kita pahami dulu apa arti dari game (game komputer). Game adalah sebuah permainan interactive yang membutuhkan komputer untuk bermain. Program komputer menerima input dari si pemain melalui pengendali dan menampilkan lingkungan buatan melalui TV atau layar monitor.
Game generasi pertama

Tahun 1952, di Universitas Cambridge, A.S Douglas menulis sebuah tesis untuk gelar sebuah PhD-nya mengenai interaksi antara komputer dan manusia. Dalam tesisnya itu ia menciptakan game komputer dari sebuah permainan tradisional bernama Tic-Tac-Toe.

Game ini diprogram dengan memakai komputer EDVAC vacuum tube yang memiliki layer berupa cathode ray tube (CRT). Kemudian di tahun 1958. William Haginbotham menciptakan video game pertamanya. Berbeda dengan Douglas, video game pertamanya yang berjudul Tennis for Two diciptakan dan dimainkan di osciloscope.

Tapi game komputer pertama yang benar-benar diciptakan menggunakan komputer betulan adalah Spacewar. Saat itu di tahun 60-an, komputer adalah barang sangat mewah. Dan biasanya komputer dipakai untuk kepentingan riset dalam dunia militer. Tapi seseorang bernama Steve Russel memiliki ketertarikan akan hal lain.

Dia dan teman-temannya sangat nge-fan dengan kisah fiksi ilmiah berjudul Skylark karangan Edward E Smith. Dari situ mereka membuat sebuah game bernama Spacewar. Kebetulan juga, Steve Russel bekerja menggunakan sebuah komputer mainframe bernama MIT PDP-1 yang biasa dipakai untuk perhitungan statistik. Dengan komputer itulah dia membuat Spacewar di tahun 1961.
Game generasi kedua

Di tahun 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney menciptakan game ber-genre arcade yang pertama. Dinamai Komputer Space, game itu didasari oleh Spacewar. Tahun 1972, Nolan dan Ted memulai Atari komputer. Kemudian dia mengembangkan game berjudul Pong yaitu game pertama yang tersedia untuk publik.

Karena game-game sebelumnya hanya ada di dalam komputer mainframe untuk kesenangan sendiri saja. Asal usul Pong dimulai saat Nolan ingin membuat game sederhana dan mudah dimengerti. Dengan memory dan micro processor kelas rendah, kemampuan proses yang terbatas dan grafis yang sederhana, akhirnya dia membuat versi elektronik dari permainan ping pong yang kemudian menjadi Pong.

Sedikit selingan, Pong kemudian berevolusi menjadi sebuah game bernama Breakout. Game itu diciptakan oleh Steve Jobs untuk Atari. Dari situ, Steve Jobs dan temannya Steve Wozniak mulai berpikir untuk menciptakan sebuah PC. Kemudian mereka meminjam semua peralatan yang dipakai dalam proyek Breakout dan membuat sebuah prototype bernama Apple I. dan itu adalah cikal bakal dari komputer Apple Macintosh yang ada sekarang.

Pada tahun 1980, Atari mengeluarkan game berjudul Asteroid dan Lunar Lander. Kedua game tersebut adalah game pertama yang didaftarkan pada kantor hak cipta untuk mendapatkan paten. Asteroid merupakan game yang penuh inovasi baru dalam grafisnya.

Daripada menggunakan metode raster, game ini merupakan grafis vector line seperti yang ada pada osciloscope. Pengenalan Atari Video komputer System (Atari 2600) dengan CPU biasa dan slot untuk kasetnya, menjadi suatu era baru dalam dunia game. Di tahun 1980 itu juga menunjukkan penjualan yang meningkat dari PC yang biasa dipakai untuk game.

||TOP||


PERKEMBANGAN GAME ONLINE

Proyek game online pertama kali dinamai proyek Plato yang dikembangkan tahun 1972. Proyek ini merupakan hasil kerja sama antara Control Data Corporation dan Universitas Illinois, Amerika Serikat (AS). Lewat proyek itu, para mahasiswa bisa berinteraksi melalui terminal untuk kepentingan pendidikan dan pengembangan pengetahuan tentang komputer.

Di tahun 1972, jaringan interaksi tersebut kemudian digunakan oleh para mahasiswa untuk mengembangkan game yang bisa dimainkan oleh banyak orang. Interaksi ini kemudian menghasilkan atu interface khusus dalam jaringan tersebut yang hanya dialokasikan untuk menampung game. Saat itu, atmosfernya belum komersial.

Hampir bersamaan dengan itu, lembaga antariksa NASA juga membuat game yang bisa dimainkan oleh banyak orang. Tahun 1973, NASA membuat multiplayer game dengan nama Maze War. Game ini mendorong tersedianya server buat hosting game. Konsep inilah yang kemudian mengalami reinkarnasi menjadi server-server besar yang menampung game online.

Barulah mulai tahun 1978, Multi User Dangeon (MUD) dikembangkan sebagai varian sistem game online pertama yang dikomersialkan. Genre game online berbasis MUD ini memang belum bisa dimainkan lintasnegara. Basis ini menjadi cikal bakal lahirnya Massively Multiplayer Online Role-Playing Games (MMORPGs) yang menyusun konsep dasar game online lintasnegara.

Game Maze Wars
Game Plato
Game NeverWinterNights

Di tahun 1984, MAD lahir sebagai game online pertama yang bisa dimainkan dari berbagai negara. MAD sebenarnya adalah platform MUD yang dihubungkan oleh jaringan internet yang menghubungkan berbagai belahan dunia. Tahun 1991,American Online (AOL) juga mengembangkan game online yang khusus disediakan untuk para pelanggannya.

Game buatan AOL ini diberi nama Neverwinter Night. Ini adalah game online grafis pertama yang berbasis MMORPGs. Setelah itu, kemudian game-game online menjadi sangat populer dan digemarin banyak orang terutama anak muda.

||TOP||

Previous Post
Next Post

0 komentar:

close