21.9.20

Manfaat Dan Keuntungan Memiliki Router Mikrotik

Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk komputer dijadikan router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet.

Mikrotik yang murah dan friendly

Mikrotik diciptakan dari gagasan dua orang yang bernama John dan Arnis pada tahun 1996. Kedua orang ini berasal dari Negara Moldova tepatnya kota Riga, uni soviet. Dengan membangun sebuah perangkat hasil dari perpaduan antara 2 buah sistem operasi (Linux dan MS DOS) dan teknologi Wireless LAN atau WLAN Aeronet yang memiliki kecepatan 2Mbps

Mereka mengembangkan OS Mikrotik menggunakan Linux, Linux dengan kernel 2.2 adalah yang pertama kali digunakan untuk membangun Mikrotik RouterOS. Dan hingga kini Mikrotik terus berkembang dan kepopulerannya ini dibuktikan dengan banyaknya pengguna sistem operasi router Mikrotik di beberapa negara berkembang di dunia.

Manfaat dari Router Mikrotik ialah

1. Sebagai internet Gateway bagi LAN (Local Area Network)
Contohnya router mikrotik menghubungkan beberapa jaringan local untuk dihubungkan ke internet. Router mikrotik juga bisa menjadi pengatur lalu lintas data yang masuk maupun keluar. Mikrotik juga mampu mengatur konten dari internet yang dapat diakses oleh client.

2. Router Mikrotik Mampu Memisahkan bandwith traffic
Manfaat router Mikrotik dalam kinerjanya yang selanjutnya adalah dapat memisahkan bandwith traffic. Yang dimaksud disini adalah bandwith traffic yang berasal dari luar atau internasional dan bandwith traffic yang berasal dari dalam negeri atau local serta yang lainnya.

Dengan demikian, pengakses jaringan akan lebih dipermudah dan proses aksesnya menjadi terpusat pada data atau file dan resource yang benar-benar dibutuhkan. Para pengguna jaringan juga akan lebih merasa dipemudah dengan sistem yang dimiliki router Mikrotik ini.

3. Sebagai access point
Router mikrotik yang dilengkapi dengan interface wireless dapat berfungsi sebagai access point pada jaringan wifi. Seperti di sekolah, cafe, kampus ataupun jaringan publik kebanyakan menggunakan router mikrotik sebagai access point wifi tersebut.

4. Sebagai routing
Routing merupakan fitur utama dalam router mikrotik. Routing ini menghubungkan beberapa jaringan dan menentukan jalur terbaik menuju komputer atau alamat tujuan. Contohnya ada tiga kantor cabang A,B, dan C router mikrotik mengatur ketiga kantor tersebut supaya terhubung satu dengan yang lain ke dalam internet.

5. Dapat digunakan sebagai Virtual Private Network (VPN)
Banyak  yang tetap konsisten menggunakan produk Mikrotik karena manfaatnya yang jelas dan nyata serta menguntungkan. Salah satunya adalah dapat digunakannya router Mikrotik sebagai VPN. Maksudnya disini adalah router Mikrotik dapat menjalankan fungsi penghubung atau mengoneksikan satu jaringan dengan jaringan lain secara personal lewat jaringan internet publik.

VPN yang dikerjakan oleh router mikrotik menerapkan metode enskripsi untuk melakukan acak data sehingga kemanannya cukup terjamin dan tak perlu dikhawatirkan. Selain itu, pengacakan data juga bertujuan agar data yang ditransmisikan hanya bisa diakses oleh pihak atau orang yang memang memiliki hak untuk mengakses data atau file tersebut saja.

Sedangkan Keuntungan Router Mikrotik ialah

1. Harga Friendly dan hemat listrik
A) Lebih hemat biaya, karena harga lisensi router board jauh lebih murah di banding router OS (yang selevel)

B) Lebih hemat listrik, contoh RB750 konsumsilistrik hanya 2.5 watt saja.

2. Hak Akses
A). Mikrotik Mampu memblokir situs-situs yang mengandung konten terlarang menggunakan proxy di mikrotik sehingga mendukung program pemerintah berupa penggunaan internet positif.

B). Dapat digunakan sebagai billing hotspot yang mempermudah konfigurasi dan pembagian bandwidth pada jaringan

3. Sistem Keamanan Mikrotik Tinggi dan berlapis
A). Hide SSID
Hide SSID adalah sebuah opsi pada Wireless Mikrotik untuk menyembunyikan nama SSID dari Mikrotik kita.  Anda bisa menggunakan opsi ini pada menu Wireless --> wlan --> tab Wireless.

Jadi kalau opsi ini dicentang, maka SSID Mikrotik nya tidak akan muncul pada perangkat lain jika di scan. Hanya akan muncul sebagai Hidden Network pada laptop Windows.

Yang perlu diperhatikan jika menggunakan Hide SSID adalah SSID pada AP harus diisi. Kemudian pada Client harus mengisikan nama SSID nya AP dan setingan Frequency yang sama dengan AP untuk bisa Konek. Jadi Frequency dan SSID pada AP dan Client harus SAMA.

B). Security Profile
Security Profile adalah salah satu fitur pada Mikrotik untuk menambahkan metode autentikasi menggunakan enkripsi dynamic key : WPA/WPA2 dan static key : WAP. Penggunaan enkripsi yang disarankan yaitu WAP2 PSK + tkip + aes con. Untuk masuk fitur ini bisa mealui menu Wireless --> Security Profiles.

Kemudian untuk mengaktifkan security profile ini masuk ke menu Wireless --> wlan --> tab Wireless --> opsi Security Profile --> ganti default dengan Security Profile yang sudah dibuat.

Jika menggunakan Security Profile maka konfigurasi Security Profile pada AP dan Client harus sama, jika berbeda maka tidak akan bisa konek.

C). Access List dan Connect List
Access List adalah adalah filter autentikasi sebuah AP (mode Access Point) terhadap client yang terkoneksi. Dengan Access List AP bisa memfilter perangkat mana saja yang boleh/bisa konek ke AP berdasarkan MAC address nya. Jadi Access list digunakan di AP untuk menentukan client mana saja yang boleh konek ke AP.

Connect List adalah adalah filter autentikasi sebuah wireless client (mode Station) terhadap AP mana yang ingin terkoneksi. Dengan connect list maka dapat ditentukan AP mana yang bisa dikoneksikan ke Client berdasarkan MAC address nya. Jadi Connect list digunakan di client untuk menentukan client ini mau konek ke AP yang mana.

Jika ingin menggunakan fitur ini maka kita harus uncheck opsi Default Authenticate pada menu tab Wireless. Jika tidak maka fitur ini tidak akan aktif.

Dengan menggunakan ketiga sistem keamanan itu secara bersamaan, bisa dipastikan keamanan jaringan Wireless Mikrotik kita akan terjamin.

Atau anda bisa membaca langkah ampuh memperkuat password mikrotik.
Enigma Cctv Medan Kota
Previous Post
Next Post

0 komentar:

close