14.9.20

Cara Setting Router ASUS RT-N12HP Sebagai Access Point

Jika yang anda inginkan mengkonfigurasi Router ASUS RT-N12HP sebagai mode access point maka secara default fitur yang ada pada router asus rt-n12hp seperti firewall, IP Sharing (DHCP Server), dan NAT akan dinonaktifkan secara otomatis. Router otomatis akan berfungsi sebagai bridge saja.

Untuk tahap konfigurasinya terlebih dahulu sobat harus menghubungkan Laptop ke port Ethernet pada router menggunakan kabel UTP (baca susunan kabel utp model straight atau cross), kemudian buka browser dan ketikkan default IP 192.168.1.1 pada URL bar browser baik menggunakan internet explorer, google chrome atau mozilla dan tekan enter.

Setelah berhasil login maka anda akan diarahkan ke sebuah konfigurasi router asus. anda bisa melihat dari keterangan dan gambar seperti dibawah ini.

1. Pertama-tama Klik GO untuk memasuki tahap pertama konfigurasi access point
2. Klik Manual Setting agar dapat mengubah konfigurasi sesuai keinginan anda.
3. Isilah
*Router Login Name : admin
*New Password : admin123 (isi terserah anda)
*Retype New Password : admin123 (harus sesuai dengan new password)
4. Klik Next


5. Disini anda akan dihadapkan pada pilihan apakah router akan di set sebagai mode wireless router (default), mode repeater, atau mode access point. Karena router akan kita di setting sebagai access point maka pilih Access Point(AP) mode seperti gambar dibawah dan klik Next.

6. pada tahap Get LAN IP Automatically? klik No agar ip di asus tersebut menjadi default. lanjut klik Next.

catatan :
pada kolom ip address, default gateway, dns server1 dan dns server2. bisa saja tidak sesuai dengan router yang saat ini anda setup. karna ip mengikuti modem/router yang terhubung langsung ke router asus rt-n12hp tersebut.

7. tahap terakhir, network name isi sesuai nama wifi yang anda inginkan. begitu juga dengan Network key isi sesuai password yang anda inginkan. Klik Next router asus rt-n12hp tersebut akan reboot. selesai.


Previous Post
Next Post

0 komentar:

close