26.4.19

Tips Agar Smartphone Tidak Lag

Lag Saat bermain PUBG Mobile Bisa Teratasi Dengan Cara Ini!
tips mempercepat bermain pubg

Kamu suka bermain game PUBG namun Smartphonemu sering lag ketika sedang bermain? Hal itu tentunya akan sangat menganggu. Game PUBGM termasuk kedalam game yang memiliki spesifikasi tinggi karena mempunyai gameplay yang besar dengan 4 pilihan map yang sama luasnya sehingga proses loading dan konten dalam game juga tidak sedikit.


1. Spesifikasi Smartphone Harus Memadai
Hal pertama yang bisa Kamu coba untuk mengurangi lag pada smartphone yaitu dengan mengecek spesifikasi dari smartphone mu.

PUBG Mobile memerlukan spesifikasi Android yang masih muda alias OS lollipop 5.1.1 keatas dengan slot RAM 2GB, Sedangkan iOS 9, Ram 1GB. Jika smartphone mu hanya terdapat RAM dibawah 2GB saja, pantas saja kurang memadai yang pastinya akan membuat lag dalam game.

2. Tutup Aplikasi Latar Belakang Tidak Penting
Tips selanjutnya adalah tutup aplikasi latar belakang yang sedang berjalan namun tidak kamu gunakan. Aplikasi latar belakang yang dibuka namun tidak digunakan itu tetap mengonsumsi memori RAM smartphone Kamu. 

Semakin besar memori RAM yang terpakai, tentu akan membuat kinerja smartphone Kamu menjadi semakin lambat. Jika anda bermain game PUBG Mobile dalam keadaan seperti itu akan mengalami lag dan tidak nyaman untuk dimainkan.

3. Pilih Koneksi yang Stabil
Ada baiknya jika Kamu mengetahui mana koneksi terbaik yang dipakai untuk bermain. Apakah Wi-Fi atau jaringan dari kartu SIM dari provider ketika sedang bermain. Jika koneksi internet Wi-Fi lebih stabil dan kencang dibandingkan dengan kartu SIM Kamu, kamu bisa menggunakan koneksi WI-Fi untuk bermain. JIka sinayal wifinya jadi tidak stabil, Kamu hanya perlu mematikan koneksi Wi-Fi kemudian memindah ke koneksi kartu SIM Kamu.

Tips penting lainnya adalah dengan melihat keadaan ping koneksi yang Kamu gunakan. Saat sedang bermain, PUBG Mobile memberikan fitur dibagian kiri atas layar yang akan terlihat ping koneksi Kamu. Jika ping koneksi pada Wi-Fi naik hingga mencapai 500ms keatas Kamu dapat menukar ke ping koneksi pada kartu SIM Kamu, sehingga ping akan turun dibawah 100ms.

4. Atur Settings PUBG Mobile
Mengatur settings PUBG Mobile dibagian grafis tentunya juga akan menjadi faktor yang mempengaruhi performa smartphone Kamu. Kamu bisa menyesuaikan settings tersebut atau atur grafis dibagian low version sehingga lag tidak akan muncul ketika permainan sedang berlangsung. Semakin low semakin lancar.

Untuk pengecekan yang lebih akurat, Kamu dapat mencoba mengaktifkan Scope kemudian mencari area dimana banyak lawan main. Jika pengaturan Graphics kamu setting pada spek yang tinggi, akan terjadi lag/freze beberapa detik pada bagian ini. Sehingga Kamu dapat menurunkannya lagi agar tidak lag.

5. Bersihkan Storage Smartphone
Hal selanjutnya yang bisa Kamu coba untuk mengurangi lag pada smartphone yaitu dengan membersihkan storage atau ruang penyimpanan dari file atau aplikasi yang tidak digunakan.
Jika Kamu punya banyak aplikasi yang jarang dipakai atau foto dan video tak berguna yang membuat storage jadi penuh, lebih baik dihapus saja. 

Dengan penuhnya storage pada smartphone tentunya akan membuat pemrosesan game PUBG Mobile memakan waktu menjadi lebih lama saat sedang dalam permainan. Akhirnya jadi Lag dan tidak nyaman untuk dimainkan.

Masalah lainnya jika penyimpanan pada smartphone Kamu sudah hampir penuh, kemudian ada update terbaru dari game PUBG Mobile. Tentu Kamu tidak akan bisa memperbaruinya game tersebut.

6. Pastikan Baterai Smartphone Cukup
Untuk pengalaman gaming yang anti-lag dan membuat smartphone berumur lebih panjang, usahaka agar baterai smartphone kamu mencukupi. 

Biasanya, daya baterai yang kurang (dibawah 20%) akan membuat prosesor smartphone kurang kuat untuk bekerja secara maksimal apalagi jika kamu bermain game dalam keadaan batlow. Hal tersebut selain membuat  game jadi lag, umur baterai smartphone juga menjadi cepat rusak.


Semoga tips di atas, bisa mengatasi problem smartphone mu yang nge-lag pada saat mengoperasikan game PUBG Mobile ini. Untuk pengalaman gaming lebih seru dan dapet feelnya, tentunya juga harus didukung dengan smartphone yang memadai pula!

Previous Post
Next Post

0 komentar:

close