26.4.19

Rawat Smartphonemu Dengan Cara Ini Supaya Awet Lama

Seperti layaknya alat elektronik lainnya, smartphone adalah device yang harus kita selalu jaga dan rawat supaya selalu awet dan tahan lama.


Apalagi smartphone merupakan alat yang paling sering kita bawa kemana mana dibandingkan dengan device lain, tentu kemungkinan cepat rusak akan semakin besar jika kamu tidak merawatnya secara baik.Oleh karena itu supaya smartphonemu tetap awet, simak ulasan tips dibawah ini.


1. Lakukan Pembaharuan Aplikasi

Pembaharuan aplikasi sangatlah penting. rutinlah untuk memperbaharui setiap aplikasi minimal seminggu sekali. Biasanya ada notifikasi update dan apabila Kamu terkoneksi dengan jaringan wifi, akan update secara otomatis.

Kalau updatenya masih secara manual, sebaiknya segera update mengingat ada koneksi wifi. Karena biasanya update Aplikasi dan sistem operasi dari smartphone berukuran cukup besar.

2. Lakukan Scanning Jika RAM Mulai Penuh
Jika pada smartphone terlihat berat, maka problemnya bisa di RAM smartphone yang sudah mulai penuh. Untuk menurunkannya kembali yaitu dengan cara mematikan aplikasi yang sedang berjalan.

3.Matikan Smartphone Bila Sedang Tidak Dipakai
Ponsel yang sedang tidak terpakai atau digunakan bisa dimatikan terlebih dahulu untuk mendinginkan bagian-bagian komponen seperti RAM dan processor. Smartphone layaknya manusia yang memerlukan istirahat. Jika pemakaiannya berlebihan akan menyebabkan smartphone cepat panas.

4. Gunakan Anti Virus
Pasang antivirus dan update secara rutin. memasang anti virus memanglah sangat dianjurkan untuk mencegah virus masuk ke smartphone melalui jaringan internet, file dan bluetooth.

5. Selalu Gunakan Charger Bawaan Ponsel
Menggunakan charger asli bawaan dari pabrik si smartphone sangat dianjurkan. Charger bawaan mentransfer daya ke hp dengan stkamur yang disesuaikan dari pabriknya langsung. Walaupun tersedia banyak charger yang cocok digunakan untuk smartphone, tapi kalau menggunakan yang lain selain dari pabriknya langsung, akan berakibat efek samping untuk baterai itu sendiri.

6. Hapus Aplikasi yang Jarang Dipakai, Agar Baterai Awet
Memiliki aplikasi yang banyak memang sangatlah penting bagi sebagian orang, namun apabila kebanyakan juga bisa membuat baterai smartphone menjadi lebih cepat drop. Sebaiknya hapuslah aplikasi yang kira-kira jarang dipakai.

7. Restart Ponsel
Lakukan restart ponsel rutin 2 kali dalam sehari. Restart smartphone secara rutin memiliki maksud supaya jaringan sistem pada smartphone yang Kamu gunakan bisa ter refresh. Jika sistem didalam smartphone terrefresh, setiap aplikasinya bisa berjalan normal.

8. Aplikasi Berpengaruh Terhadap Kinerja Memory
Installah aplikasi sesuai kebutuhan Kamu, jangan biarkan Handphone Kamu penuh dengan aplikasi yang jarang sekali dipakai. Selain membuat penyimpanan handphone penuh , hal itu akan membuat Smartphone Kamu menjadi lambat.

Dari Segi Hardware
1. Bodi
Pastikan kamu selalu melindunginya dengan case atau flip case yang banyak dijual dipasaran. Ini mempengaruhi perlindungan terhadap handphone dari goresan dan benturan yang membuat handphone Kamu rusak.

Pastikan kamu selalu merawat dengan cara membuka case dan membersihkannya secara rutin supaya handphone Kamu tetap awet.

2. Layar
Smartphone saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan layar hard glass atau Gorilla Glass, akan tetapi apa salahnya menambahkan tempered glass atau anti gores untuk layar handphone Kamu supaya perlindungan semakin optimal.

3. Baterai
Jangan sampai baterai Smartphone Kamu habis hingga menyentuh angka 10%. Usahakan untuk selalu mencharge Smartphone hingga penuh, dan yang terpenting jangan mainkan handphone sambil mengisi baterai karena itu mempengaruhi terhadap keawetan baterai.

4. Kamera
Untuk Kamu yang suka selfie,kamera pada handphone tentunya menjadi hal yang sangat penting dan harus tetap terjaga, balik lagi seperti yang saya bahas diatas, menggunakan case cover akan membantu melindungi khususnya bagian kamera Kamu, karena apabila keluar masuk saku tidak akan langsung tergores karena sudah terlindungi case smartphone mu.

5. Speaker
Bagian speaker juga sering terlupakan oleh kita. Jangan pernah meletakkan Smartphone diatas TV, Radio dan sesuatu yang berbau magnet lainnya.Tips supaya speaker awet adalah jangan memutar musik atau video dengan volume speaker full, maksimal 90% supaya speaker tidak mudah rusak.

Sudah lebih tahu bagaimana penanganan yang tepat untuk merawat smartphonemu? Semoga ulasan diatas membantu kamu merawat smartphonemu ya.

Previous Post
Next Post

0 komentar:

close