26.4.19

Cara Memaksimalkan Kinerja Smartphone

Seberapa Maksimal Smartphone mu Bisa Digunakan? Optimalkan Dulu Dengan Cara Ini!

Apakah kamu merasa ada perubahan pada kinerja smartphone Androidmu? Jangan panik, melambatnya performa smartphone Android tidak selalu memiliki arti androidmu rusak. Android merupakan sistem operasi yang kompleks nan rumit, sehingga mempunyai komponen yang lebih banyak. Oleh karena itu android juga perlu perawatan secara ekstra.


Agar kamu tahu bagaimana cara mengoptimasi smartphone secara maksimal, berikut ini adalah tips meningkatkan performa kecepatan smartphone Android yang lemot ketika digunakan.

1. Menghapus Widget yang Terlalu Banyak
Beberapa pengguna lebih suka menggunakan fitur widget dengan alasan mempermudah akses secara cepat ke aplikasi yang biasanya sering digunakan . Namun jika lebih dari tiga widget terpasang di homescreen smartphone kamu, malah akan membuat kinerja smartphone mu menjadi lebih berat.

Jika smartphone kamu sudah memiliki banyak widget, sebaiknya pilihlah secara bijaksana widget yang paling bermanfaat untukmu,lalu hapus widget yang lainnya yang tidak terpakai.

2. Periksa Memori yang Ada
Banyaknya aplikasi yang diunduh juga menjadi alasan utama kenapa kinerja smartphone Android bekerja semakin lambat. Batas minimal untuk kinerja Android tanpa hambatan adalah kurang lebih 20%.

Jadi bila smartphone memiliki kapasitas penyimpanan 8 GB, maka harus tersedia kurang lebih sisa penyimpanan berukuran 1 GB memori yang tidak terpakai agar proses meningkatkan kinerja smartphone bisa lebih lancar dan memberi ruang nafas bagi smartphone Anda.

2. Menonaktifkan Fitur Sinkronisasi Otomatis
Tidak sedikit dari orang yang menggunakan beberapa akun Google dalam satu smartphone. Apabila upaya sinkronisasi otomatis dari akun google ini berjalan dalam waktu yang sama, ini akan membuat smartphone kamu bekerja lebih berat sehingga akan menjadikan kinerja lambat.

Kamu dapat mengatur pengaturan sinkronisasi di Settings (Pengaturan) > Accounts (Akun) > Auto-sync (Sink. Otomatis). Jika kamu yang tidak ingin mematikan sinkronisasi otomatis, maka kamu bisa mengurangi frekuensi sinkronisasi pada aplikasi yang kamu gunakan atau juga bisa menghapus akun Google yang jarang dipakai atau sama sekali tidak diperlukan.

3. Meningkatkan Kinerja Smartphone Dengan Update
Salah satu penyebab lambatnya smartphone adalah karena kurangnya optimalisasi didalam sistem operasi. Dengan rutin mengupdate sistem operasi, smartphone akan menjadi lebih optimal dalam pengoperasiannya.

Biasanya ada beberapa smartphone yang bisa secara otomatis memperbarui sistem operasinya . Namun kamu juga bisa memperbarui secara manual dengan cara masuk ke Pengaturan (Settings), cari Tentang Telepon (About Phone),kemudian klik Pembaruan (Software Update).

4. Menghentikan Proses Aplikasi di Belakang Layar
Beberapa perangkat Android didesain untuk memiliki kemampuan multitasking yang baik. Namun tetap saja kemampuan dari setiap perangkat memiliki batasan, semahal apapun smarphone itu. Di Sistem operasi Android sebagian besar aplikasi memiliki ijin akses untuk berjalan di belakang layar atau menolak berhenti sekalipun aplikasinya sudah Anda tutup.

Akhirnya, perangkat akan dipaksa untuk memproses semua perintah dalam waktu yang bersamaan saat itu juga. Bahkan tak jarang masih ditambah dengan beberapa perintah baru yang datang dari pengguna pada saat membuka aplikasi atau game baru.

5. Ketahui Ruang Kosong yang Terpakai Aplikasi
Kapasitas RAM yang tersedia dalam smartphone memiliki pengaruh atas kinerja smartphone. Semakin tinggi RAM yang ada didalam smartphone maka semakin aman pula dari keluhan ‘lemot’. Terlebih Anda yang hobi bermain game.

Meningkatkan kinerja smartphone akan menjadi langkah yang sangat penting, apalagi jika berhubungan dengan kapasitas. Akan lebih baik bila kamu mempunyai smartphone dengan kapasitas RAM diatas 2 GB. Jadi jika kalian akan menginstal sebuah aplikasi, sebelum itu kalian harus mengetahui apakah aplikasi tersebut menguras RAM atau tidak. RAM memiliki pengaruh juga ternyata.

6. Restart Smartphone Secara Rutin
Cara ini paling simple dan sederhana untuk dilakukan dan sering digunakan oleh pengguna yang ingin meningkatkan kinerja smartphone. Dengan cara merestart smartphone, kinerja smartphone akan menjadi fresh seperti dimulai dari 0.

Bagaimana?apakah kamu sudah paham bagaimana cara memaksimalkan kinerja smartphone kesayanganmu? Semoga ulasan diatas membantu kamu mengatasi smartphone yang lemot ya.
Previous Post
Next Post

0 komentar: