26.4.19

Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Memilih Smartphone Baru

Perhatikan Hal Hal Berikut Ini Sebelum Memilih Smartphone Baru

Smartphone kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi mayoritas orang. Pasalnya, smartphone bisa menunjang roda ekonomi masyarakat.


Sebagai contoh, smartphone dapat digunakan untuk menawarkan produk atau layanan jasa melalui media sosial. Sehingga, bisa dipastikan smartphone adalah sarana komunikasi yang paling dibutuhkan oleh masyarakat di seluruh lapisan.


Dengan harga yang bervariasi mengikuti merek dan spesifikasi. Saking banyaknya merek dan harga yang ditawarkan, tidak jarang seorang calon konsumen akan bingung ketika sedang membeli smartphone.

Tidak perlu bingung, berikut ini beberapa tips sebelum membeli smartphone baru yang bisa kamu jadikan panduan.

1. Tentukan Sistem Operasi Smartphone
Beberapa smartphone dirilis dengan sistem operasi yang berbeda-beda. Sejauh ini ada sistem operasi seperti iPhone, Android, Blackberry,Windows Phone, Symbian, dan lainnya.

Namun, tampaknya Android masih merajai pasar smartphone di Tanah Air. Harga smartphone Android juga tergolong murah. Selain Android, masih ada iPhone yang tentunya lebih berkelas. Atau Blackberry untuk yang suka chatting dan bermain media sosial.

Kamu bisa mencari tahu harga-harga smartphone terkini secara online dengan membuka situs-situs e-commerce yang menjual smartphone baru maupun bekas.

2. Pilih Merek atau Brand yang Menurutmu Cocok
Sebaiknya pilih jenis smartphone yang sudah populer di pasaran. Hal ini untuk memudahkan jika ada kendala atau kerusakan dan ingin memperbaiki smartphonemu, kamu bisa mengunjungi service center terdekat di kotamu yang biasanya ada di setiap kota besar.

Merek yang terkenal juga masih menarik dari segi purna jual atau bila kamu ingin menjual lagi smartphone kamu dengan rentang selisih harga yang tidak terlalu menurun drastis.

3. Tentukan Budget
smartphone di pasaran sangat beragam jumlahnya. Namun, untuk mempersempit opsi smartphone yang akan dibeli, ada baiknya untuk menentukan budget terlebih dahulu, berapa budget yang kamu inginkan.

Nantinya, penjual atau pramuniaga di toko smartphone akan memberikan beberapa rekomendasi pilihan smartphone yang paling pas sesuai dengan budget yang kamu siapkan.

4. Sesuaikan dengan Kebutuhan yang Kamu Miliki
Ada banyak alasan ketika kita memutuskan membeli smartphone baru. Ada yang karena memang belum memiliki smartphone, kehilangan smartphone, ingin memiliki fitur yang lain dari smartphone yang sudah lama dipunyai, atau sekadar alasan sederhana karena ingin bisa komunikasi lewat panggilan dan SMS.

Namun yang pasti, ada satu alasan kebutuhan ketika kita ingin membeli smartphone baru. Pilihlah sesui kebutuhan itu. Tak perlu membeli smartphone baru dengan fitur kamera yang luar biasa canggih jika memang tidak suka berfoto ria.

Tak usah pilih fitur musik canggih kalau memang tak suka musik, tak perlu cari yang bisa internetan kalau memang tak butuh internet lewat smartphone.

5. Pilih Spesifikasi Smartphone Yang Sesuai Dengan Selera
Bila ingin menggunakan smartphone hanya untuk tujuan berkomunikasi seperti chatting, telepon, media sosial, dan lainnya, Smartphone dengan RAM sebesar 1GB sudah cukup. Tapi, jika ingin menggunakan smartphone untuk kebutuhan kerja ,berjualan yang butuh membuat banyak grup, atau bahkan bermain game, maka minimal kamu harus menyiapkan smartphone dengan RAM 2GB.

Selain itu, pertimbangkan juga kamera, prossesor,dan fitur-fitur yang berguna kedepannya. Hal lain yang tak kalah penting untuk dipikirkan adalah kapasitas baterai.

Saat ini, kapasitas baterai tertinggi sudah mencapai angka 6.000 mAh. Tapi, untuk keperluan sehari-hari, tidak perlu terlalu besar. Kapasitas 3.000 mAh sudah cukup memadai jika hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan chatting atau menelepon.

Dari segi ukuran layar, smartphone atau smartphone yang memiliki layar lebar tentu akan memanjakan indera penglihatan dan tampilan yang lebih maksimal. Namun, pertimbangkan juga bahwa kamu nantinya harus repot membawa tas tertentu jika ukurannya terlalu lebar.

Untuk smartphone yang asyik digunakan untuk bermain game atau browsing, sejenis tablet atau smartphone dengan ukuran layar sebesar 5 inci sudah lebih dari cukup. Namun, untuk pemakaian sehari-hari, 3 atau 3,5 inci akan lebih mudah dimasukkan ke saku.

Nah, itulah beberapa tips sebelum membeli smartphone baru yang bisa kamu jadikan panduan. Selamat berburu smartphone baru, ya!

Previous Post
Next Post

0 komentar:

close