17.12.18

Mari Belajar Sejarah Monumen Panca Benua (Ground Zero) di Bali

Beberapa dari kita, pasti masih ingat akan tragedi bom Bali, pada tanggal 12 Oktober 2012 di tempat wisata Kuta. Mengakibatkan meninggalnya 202 jiwa, 88 orang berwarganegara Australia, 38 warga negara Indonesia, 7 warga negara Amerika dan 6 warga negara swedia. Peristiwa pemboman ini lebih dikenal dengan nama bom Bali 1, karena terjadi 2 kali pemboman di Bali. Untuk mengenang tragedi ini, pemerintah daerah Bali, membangun sebuah monumen peringatan yang di beri nama Monumen Panca Benua. 

Dikalangan wisatawan, monumen peringatan tragedi bom Bali 1, lebih terkenal dengan nama Monumen Ground Zero Bali. Setiap tahun pada tanggal 12 Oktober, banyak orang yang datang dari berbagai negara, berkumpul di tempat tugu peringatan bom Bali, untuk mengenang tragedi bom Bali.
Monumen Panca Benua (Ground Zero)

DAFTAR ISI
1. Sejarah Berdirinya Monumen Ground Zero
2. Lokasi Monumen



Sejarah Berdirinya Monumen Ground Zero

Peristiwa ini sulit dihapuskan dalam memori karena tragedi bom Bali, tepatnya di wisata Kuta,mengakibatkan meninggalnya 202 jiwa yaitu 38 warga negara Indonesia, 88 orang berwarganegara Australia, 6 warga negara swediadan 7 warga negara Amerika. Lalu kemudian peristiwa berdarah ini disebut sebagai Bom Bali I sebab bom terjadi dua kali.Tragedi ini tak bisa dilupakan begitu saja. Untuk mengenang Bom Bali I, maka pemerintah daerah Bali membuat sebuah monumen peringatan yang di beri nama Monumen Panca Benua atau lebih terkenal dengan nama Monumen Ground Zero Bali. Banyak orang yang datang dari berbagai negara setiap tahunnya saat tanggal 12, mereka berkumpul di tempat monumen ini untuk mengenang tragedi bom Bali.

Daya tarik utama dari monumen bom bali atau Monumen Ground Zero ini tentu saja adalah plakat besar berisi 202 nama korban yang meninggal beserta nama negara asalnya. Selain itu, Anda akan melihat pepohonan hijau dan bunga warna-warni menghias cantik di sekitar monumen. Beberapa turis asing terlihat menyimak deretan nama korban Bom Bali 1 dan juga terlihat beberapa piring sesaji yang diletakkan di sana. Tidak hanya itu, banyak pula para wisatawan yang berkunjung ke sini sekadar untuk mengabadikan foto kunjungan wisata. Monumen ini memang memiliki desain yang keren. Tidak heran kalau banyak wisatawan yang tertarik berfoto dengan later belakang monumen bom Bali ini.

Lokasi Monumen

Lokasi monumen berada di jalan Legian Kuta, dahulunya sebelum Monumen Ground Zero dibangun tempat ini adalah lokasi Paddy’s Pub berdiri yang letaknya di depan Sari Club.Paddy’s Pub sendiri sekarang ini direlokasi lebih ke selatan tepat berada di depan monumen Ground Zero Bali.

Nama Paddy’s Pub kini berubah menjadi Paddy’s Clubatau lebih terkenal dengan sebutan Paddy’s reload. Saat ini, monumen bom Bali yang diresmikan pada tanggal 12 Oktober 2004, oleh Bupati Badung yang saat itu dijabat oleh Anak Agung Ngurah Oka Ratmadi ini telah menjadi sebuah tempat wisata di Bali yang banyak menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung. Banyak dari mereka yang berkunjung di Bali menempatkan Monumen Ground Zero sebagai tujuan wisata pertama di Pulau Dewata, yang mungkin juga hal ini juga Anda lakukan.


Previous Post
Next Post

0 komentar:

close