27.9.20

Pembahasan Lengkap apa itu teknologi mimo

apa sih sebenarnya teknologi MIMO itu, sebelum kita membahas. baiknya kita memahami singkatan dari mimo yaitu Multiple Input Multiple Output. 

Mimo itu sendiri adalah sebuah teknologi antena untuk komunikasi wireless dengan antena ganda yang digunakan untuk kedua sumber transmitter dan receiver. Masing masing sirkuit antena untuk komunikasi di kombinasikan untuk meminimalkan error dan mengoptimalkan kecepatan data transfer dan receiver.

mengapa harus menggunakan teknologi Mimo dari pada yang lain ?? hmmm..salah satu dari beberapa tipe dari teknologi smart antena. yang lainnya adalah MISO dan SIMO. Variasi dari path dapat terjadi karena hasil dari banyaknya objek yang muncul dari samping atau sejajar dari path langsung antara transmitter dan receiver. Sebelumnya multipath ini hanya tersaji untuk memperkenalkan interferensi. 

Keunggulan MIMO 
1. Sinyal pantulan (multi path) sebagai penguat sinyal utama sehingga tidak saling menggagalkan. 2. Mempercepat koneksi wireless dan memperjauh jarak jangkauan. 3. Menghemat penggunaan bandwidth dan peningkatan kapasitas kanal. 

MIMO juga memilki kelemahan, yaitu adanya waktu interval yang menyebabkan adanya sedikit delay pada antena akan mengirimkan sinyal, meskipun pengiriman sinyalnya sendiri lebih cepat. 

Waktu interval ini terjadi karena adanya proses dimana sistem harus membagi sinyal mengikuti jumlah antenna yang dimiliki oleh perangkat MIMO yang jumlahnya lebih dari satu. 

Teknik Pengaplikasian yang digunakan mimo ada dua jenis yaitu 
1. Spatial Multiplexing Teknik pertama yang digunakan dalam sistem MIMO ialah multipleks spasial (spatial multiplexing). 

Pada teknik ini aliran data yang berlaju dengan tinggi dipecah - pecah menjadi sejumlah aliran sesuai dengan jumlah antena pemancar masing - masing dengan laju yang lebih rendah dari aliran aslinya.

Sebelum aliran data ditransmisikan oleh antena, aliran – aliran data ini dilewatkan pada matriks khusus yang berfungsi menggabungkan sinyal dari semua aliran dengan kombinasi tertentu untuk dipancarkan. 

Ini merupakan suatu proses multipleks yang berlangsung pada dimensi spasial karena setiap kombinasi data paralel ditujukan ke salah satu antena transmitter. 

Dengan sistem ini teknik spatial multiplexing memungkinkan mencapai kapasitas kanal yang besar dan juga dapat menambah spectrum efisiensi sehingga menambah kecepatan transmisi data.

2. Spatial Diversity 
Jika sebelumnya sinyal data dipecah sesuai dengan jumlah antena di setiap sisinya, lain halnya dengan teknik spatial diversity. 

Pada sistem ini setiap antena pengirim pada sistem MIMO mengirimkan data yang sama secara paralel dengan menggunakan coding yang berbeda pada setiap sinyal yang dikirimkan.  

Tujuannya ialah untuk mendapatkan kualitas sinyal setinggi mungkin dengan meamanfaatkan teknik diversity pada transmitter dan receiver. 

Peningkatan kualitas sinyal dapat dilihat berdasarkan nilai parameter penguatan diversity (diversity gain), yang nilainya makin meningkat dengan makin besarnya tingkat diversity R, yaitu jumlah antena yang digunakan pada receiver.

Penggunaan STC (Space Time Coding) pada sistem MIMO dengan sejumlah T antena transmitter dan R antena receiver menjanjikan tingkat diversity menjadi TxR.

Sebagai contoh, dengan 4 antena pada masing – masing sisi, sistem MIMO denga STC diharapkan mampu menyediakan tingkat diversity yang setara dengan metode konvensional menggunakan 16 antena pada receiver.

Bagaimana Cara Kerja Teknologi Mimo ??
MIMO berperan Dengan menggunakan jumlah koneksi yang sama, MU-MIMO (MU = multi user) bisa mengatur router untuk mentransmisikan data ke beberapa koneksi bersamaan. 

Pada dasarnya, router tersebut bisa menggunakan kapasitas bandwidth 1.733 Mbps secara maksimal untuk mentransmisikan data ke beberapa koneksi secara sekaligus. Hal ini sangat menghemat waktu dan meningkatkan performa.

apa itu teknologi mimo

Apa Perbedaan Dengan Router Dengan Teknologi Single User ?
Banyak yang tidak diketahui umum berhubungan dengan bagaimana cara kerja router jaman sekarang. Sebagian besar router di pasar sekarang adalah Single User MIMO (SU-MIMO).

Artinya tehnologi SU-MIMO hanya bisa mengirim ke satu pengguna/ alat pada satu waktu. Inilah sebabnya mengapa performa memburuk saat semakin banyak perangkat yang terhubung ke router. Router harus dengan cepat melayani satu perangkat dan bergegas menuju ke perangkat lain sesudahnya, dan bila ada banyak perangkat yang terhubung, waktu tunggu juga semakin lama.

Karena tehnologi SU-MIMO membatasi transmisi hanya ke satu perangkat secara bergiliran, router yang digunakan hanya bisa mentransmisikan 433 Mbps data ke smartphone atau tablet yang berarti ada sisa bandwidth yang tidak terpakai secara maksimal. 

Begitu juga saat mentransfer ke notebook, ada sekitar 867 Mbps tidak terpakai walaupun masih ada sisa bandwidth yang cukup banyak. Semoga jelas penjelasan kami sampai di sini bahwa jika Anda menambah koneksi ke jaringan, waktu yang diperlukan untuk melayani semua perangkat yang terkoneksi bisa menjadi makin panjang.

Kesimpulan Dari Artikel Teknologi Mimo
Secara sederhana MIMO adalah penggunaan multipel antena baik di pemancar (transmitter) dan juga di penerima (receiver) untuk meningkatkan performance telekomunikasi.  

MIMO sendiri merupakan salah satu bentuk dari Smart Antenna dan MIMO digunakan dalam teknologi komunikasi wireless karena mempunyai kemampuan signifikan dalam meningkatkan data troughput tanpa adanya tambahan bandwith maupun transmit power (daya pemancar).
Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. Best Free Baccarat Games: 888sport
    Best Online Baccarat Sites 메리트 카지노 주소 · 인카지노 Golden Owl 바카라 사이트 · Playtech · Bet365 · Microgaming · LeoVegas · IGT · Betsson.

    ReplyDelete

close